FAQ

Frequently Asked Question

1.      Apa itu PPAN?

PPAN adalah program Pertukaran Pemuda Antar Negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dengan pemerintah di negara tujuan. Program ini sudah berlangsung selama kurang lebih 40 tahun dan sudah melahirkan banyak alumni, di antaranya adalah Azyumardi Azra (mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/cendekiawan muslim), Barnabas Suebu (Gubernur Papua dan mantan Duta Besar RI untuk Meksiko), Fasli Jalal (Wakil Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI), A. Fuadi (penulis novel Negeri 5 Menara), dan Andrie Djarot (host Redaksi Pagi Trans 7).

2.      Bagaimana saya bisa mendaftar program PPAN?

Seleksi program PPAN dilaksanakan setahun sekali oleh masing-masing provinsi. Seleksi Provinsi Jawa Timur biasanya dilaksanakan pada bulan April. Keterangan lebih lengkap dapat dilihat pada halaman lain situs ini.

3.      Apakah saya harus terdaftar sebagai penduduk provinsi Jawa Timur?

Ya.Untuk dapat mengikuti seleksi di tingkat Jawa Timur, kamu harus tercatat sebagai penduduk provinsi Jawa Timur yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

4.      Saya bukan penduduk Jawa Timur tetapi ingin mengikuti program ini, bagaimana caranya?

Silakan menghubungi Dinas Pemuda & Olahraga tingkat provinsi di wilayah Anda.

5.      Apa saja yang termasuk dalam program PPAN?

Sejauh ini, ada beberapa program pertukaran yang tergabung dalam PPAN antara lain : Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA), Kerjasama Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia (PPIM), Pertukaran Pemuda Indonesia Korea Selatan (PPIKor), ASEAN Students Visit India (ASVI), Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP), Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada (PPIK), dan Pertukaran Pemuda Indonesia Tiongkok (IChiYEP).

6.       Kapan program ini dilaksanakan?

Setiap program memiliki durasi yang berbeda-beda. PPIA dan PPIK berlangsung selama 6 bulan. SSEAYP berlangsung selama 52 hari dari Oktober-Desember. PPIM berlangsung selama sepuluh hari di bulan Juni/Juli. Adapun PPIKor, IChiYEP dan ASVI berlangsung selama sepuluh hari di bulan Oktober/November. Jadwal dan keterselenggaraan program bisa berubah mengikuti surat dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) setiap tahunnya.

 7.      Bagaimana dengan biaya yang dikeluarkan selama program?

Pemerintah Indonesia menanggung semua biaya dasar selama program seperti tiket perjalanan, akomodasi, dan biaya program. Selain itu, Pemerintah Indonesia juga akan memberikan uang saku bagi peserta. Namun, untuk hal-hal yang bersifat pribadi seperti pembuatan paspor dan souvenir bagi keluarga angkat akan ditanggung oleh peserta.

8.      Apa yang dimaksud kuota program?

Kuota program merupakan ketentuan peserta PPAN yang mewakili suatu provinsi. Kuota program (baik itu jumlah peserta, jenis kelamin, atau program yang diikuti) ditentukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Jumlah kuota setiap tahunnya dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan Kemenpora.

9.      Saya sudah lulus kuliah. Apakah saya masih bisa mengikuti program ini?

Pada dasarnya, program ini adalah pertukaran pemuda, bukan pertukaran pelajar. Sehingga selama anda masih memenuhi usia yang disyaratkan program, anda masih bisa mengikuti program ini.

10.  Bagaimana saya bisa mendaftar program ini?

Silahkan mengacu pada halaman Seleksi dan Pendaftaran

11.  Apa saja syarat pendaftaran program PPAN?

Silahkan mengacu pada halaman Seleksi dan Pendaftaran

12.  Bagaimana cara memperoleh formulir pendaftaran PPAN?

Unduh paket formulir pendaftaran disini

13.  Bagaimana cara mengisi dan mengirim berkas pendaftaran?

Silahkan klik disini

14.  Apakah boleh mengisi pilihan program lebih dari satu?

Pengisian kolom pilihan program didasarkan pada prioritas. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengisi lebih dari satu pilihan program yang disesuaikan dengan prioritas pendaftar

15.  Apakah jawaban pertanyaan dan essay harus menggunakan Bahasa Inggris?

Ya

16.  Apakah proses pendaftaran ini dipungut biaya?

Tidak

17.  Apa saja yang akan diujikan saat tes tulis?

Soal seleksi tulis akan meliputi 4 jenis yaitu Tes Potensi Akademik, Wawasan Kebangasaan dan Budaya Jawa Timur, Bahasa Inggris, dan Essay. Semua bentuk soal dan jawaban dalam Bahasa Inggris

18.  Bagaimana saya bisa mengunduh berkas pendaftaran?

Silahkan mengacu pada Unduh Berkas Pendaftaran

19. Apakah saya bisa menggunakan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris selain TOEFL atau IELTS?

Ya, bisa.

20. Apakah ada ketentuan mengenai skor/nilai kemampuan berbahasa Inggris?

Lampirkan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris dengan skor terbaik yang dapat Anda peroleh. Yang paling utama dalam program ini adalah mampu menunjukan bahasa inggris secara aktif untuk keperluan komunikasi selama program.

21. Berapa jumlah portofolio yang dapat saya lampirkan?

Hanya 1 (satu) berkas yaitu Maksimal 3 sertifikat pencapaian, Sertifikat Bahasa, dan KTP

22. Berapa jumlah maksimal kata untuk assignment?

Maksimal 200 kata untuk setiap assignment

23. Apa yang harus saya isi di google form jika saya tidak memiliki middle name?

Kosongkan kolom tersebut

24. Apa yang harus saya isi di google form jika nama saya hanya terdiri dari satu kata saja?

Isi nama tersebut pada bagian last name, kosongkan bagian middle name, dan ketik FNU pada bagian first name