India

ASEAN Student Visit India (ASVI)  adalah salah satu Program pertukaran pemuda antar Negara oleh Kemenpora Republik Indonesia dan kamar dagang India yaitu Confederation of Indian Industry (CII). India adalah sebagai tuan rumah dalam program ini. ASVI bertujuan untuk meningkatkan
pengetahuan Mahasiswa ASEAN tentang ekonomi India dari pandangan titik makro dan mikro ekonomi. Tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan, tetapi program ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan diplomatik antara Negara-negara ASEAN dan India
Sebagai salah satu Negara ASEAN, Indonesia diberikan kesempatan untuk mengirimkan 25 delegasinya untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan terhadap Negara India khususnya dibidang ekonomi dan budaya.

ASVI sendiri didirikan pada tahun 2007 oleh perdana menteri India, Dr.Manmohan Singh, sebagai upaya pengenalan industri serta kebudayaan India, agar dapat meningkatkan hubungan antara Negara anggota ASEAN dan India. Program ini memberikan bekal ilmu kepemimpinan serta kewirausahaan yang mana diharapkan kelak mampu menghasilkan pemimpin – pemimpin yang kreatif dan  inovatif. Dan indonesia berkesempatan mengikuti program ASEAN India ini pertama kali berlangsung pada tahun 2010 dengan jumlah peserta 10 peserta dan ditahun 2011 juga memiliki peserta berjumlah 10 orang dan mulai pada tahun 2012 program ASEAN – India memiliki peserta setiap negara berjumlah 25 orang per negera ASEAN. ASVI basanya berlangsung pada bulan Agutus – November. Dalam program ini peserta ASEAN dibagi menjadi 3 Grup setiap tahunnya dan mengunjungi daerah yang berbeda setiap tahunnya.

Selama kurang lebih 14 hari, yang mana 3 hari merupakan sesi persiapan dan pembekalan atau dikenal dengan istilah PDT ( Pre Departure Training) di Jakarta, diilanjutkan dengan 11 hari di India mengunjungi beberapa kota seperti Hyderadab, Agra dan Delhi. Di tiap kota tersebut, para pemuda ASEAN mengunjungi beberapa perusahaan,universitas, tempat bersejarah dan tempat wisata yang umumnya dikenal secara luas seperti perusahaan TVS, institusi IIM, Akhsardam, Agra Fort dan Taj Mahal.

Tidak hanya sekedar mendapatkan pengetahuan dan pengalaman, program ASVI sendiri mengajak pemuda untuk tetap mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan serta mampu memberikan kontribusi terutama dibidang kepemimpinan dan kewirausahaan, sejalan dengan tujuan awal dan kegiatan kegiatan yang telah dilakukan selama program ASVI itu sendiri.