Sekilas Tentang PCMI Jatim

Purna Caraka Muda Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan kependekan “PCMI“, merupakan sebuah organisasi independen yang didirikan oleh para alumni program pertukaran pemuda di tahun 1977. Di tingkat nasional, PCMI dikordinasi oleh sebuah panitia pusat yang berkedudukan di Jakarta. Sementara di tingkat provinsi, kegiatan PCMI dilaksanakan oleh pengurus daerah masing-masing.

Alumni program pertukaran pemuda memiliki berbagai pengalaman berharga yang mereka peroleh selama mengikuti program. Paparan di tingkat internasional juga merupakan salah satu kelebihan yang didapat dari keikutsertaan pada program ini. Pada gilirannya, segala pengalaman dan pengetahuan yang telah didapat tersebut akan disebarluaskan lebih lanjut kepada masyarakat sebagai salah satu tujuan inti dari sebuah program pertukaran. Jadi, tidak hanya peserta program yang mendapatkan benefit, namun juga masyarakat luas sebagai pemangku kepentingan utama dalam hal ini ikut merasakan benefit tersebut.

Sebagai organisasi perhimpunan alumni program pertukaran pemuda, PCMI merupakan wadah bagi para alumni untuk berbakti kepada bangsa melalui kontribusinya dalam pengembangan masyarakat (dan untuk pembinaan generasi muda pada khususnya). Salah satu bentuk kontribusi itu direalisasikan dalam pelaksanaan rangkaian proses seleksi hingga mencapai pembekalan pra-keberangkatan berkenaan dengan program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dari pemerintah pusat.

Di wilayah provinsi Jawa Timur, pengelolaan kegiatan program pertukaran (mulai dari proses seleksi, pembekalan, hingga pemberangkatan ke tingkat nasional) secara resmi dilaksanakan oleh Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) yang bekerja sama dengan PCMI Pengurus Daerah Jawa Timur sebagai mitra utama. Di samping ikut berpartisipasi secara intensif dalam rangkaian kegiatan seleksi tersebut, PCMI Jawa Timur juga ikut terlibat dalam beberapa kegiatan lainnya yang berfokus pada pengembangan generasi muda dengan kordinasi bersama Dispora.

Visi Misi  PCMI Jawa Timur

Susunan Pengurus PCMI Jawa Timur

pcmi 2017